Bekerja dengan class dan object java

1. Object Oriented Programming • OOP merupakan basic daripada sebuah program • Object mempunyai sebuah karakter berupa sifat (properties) dan tingkah laku (behavior) 2. Encapsulation • Menyembunyikan detail implementasi sebuah class • Memanggil sebuah class tanpa mengetahui detail implementasinya • Mengubah implementasi tanpa mengubah class itu sendiri 3. Class dan Object • Class Bisa dikatakan sebuah template dari sebuah object • Merupakan struktur data dari OOP • Class members Fields (properties dan variable) Method / sifat dari class itu sendiri • Object • Instansi dari sebuah Class • Nilai Properties tiap object berbeda dengan object yg lain • Object yg terbentuk mempunyai metode (method) yg sama • Keuntungan membuat class dapat digunakan kembali 4. membuat intansi object • untuk melahirkan sebuah object dijava menggunakan kata new operator • contoh : String nama = new String(“Andi Zunaidi”); • new operator tersebut membuat sebuah object dan tersimpan pada memori computer • Construktor • Sebuah metode ketika inisialisasi saat pembuatan object 5. Metode (method) • Bagian dari sebuah kode program yg dipanggil oleh main atau metode lain untuk menjalan sebuah fungsi tertentu • Karakter method Dapat memberi nilai atau tidak • Ada/tidak parameter atau disebut arguments • Setelah metode dieksekusi akan kembali ke metode itu sendiri • Metode berisi tingkah laku sebuah class ( business logic) • Jenis sebuah metode (method) • Instansi (non-static) metode Dapat dipanggil setelah object tercipta • Static metode dapat dipanggil di classname.metodename • Menggunakan parameter pada metode • Pass-by-value • Mengcopy nilai parameter tanpa mengubah dinilai aslinya • Semua tipe data primitive memiliki metode ini • Pass-by-reference • Kebalikan daripada pass-by-value 6. Variable (fiels dan properties) • Nilai spesifik pada sebuah program Dideklarasikan pada bodi method,class • Scope ( cakupan) sebuah variable hanya berlaku didalam {…} 7. tata cara pengkodingan • hindari nama variable yang sama dlm satu method • tipe casting • implicit casting ex: int nilaiInt = 10; double nilaiDouble = nilaiInt; • explicit casting terjadi jika kita mengubah type data besar ke tipe data yg lebih kecil ex: double nilaiDouble = 10.5; int nilaiInt = (int)nilaiDouble • mengcasting object caranya (namaClassnya).namaObjectnya

No comments: